Saya adalah ibu dari dua anak laki-laki, anak pertama saya usianya 14 tahun, anak ke dua saya usianya 10 tahun kebetulan saya dan suami bekerja semua dan kami tinggal secara mandiri terpisah dari orangtua dan sanak saudara. Suami bekerja dari pagi sampai malam karena memang suami sibuk ke luar kota, saya bekerja dari pagi sampai pukul 17.00 WIB sampai rumah waktu maghrib. Saya bisa bertemu dengan anak-anak menjelang malam dan terkadang suami saya tidak pulang karena dinas diluar kota. Semenjak pandemi keadaan semakin tidak menentu, sepulang bekerja saya harus mengajari anak bungsu saya yang super membutuhkan kesabaran luar biasa karena sistem pembelajaran serba online ditambah anak pertama saya sekarang mulai suka keluar rumah malam-malam. Saya merasa cemas ketika anak saya pulang jam 02.00 WIB atau jam 03.00 WIB malam. Setiap ditanya hanya menjawab habis main, pernah suatu ketika suami saya pulang dari luar kota bertemu dengan anak saya sedang bersama teman-temannya dipinggir jalan. Selang dari kejadian itu saya mendapat WA dari guru BK di sekolah anak saya, isi dari WA tersebut meminta saya dan suami datang ke sekolah, setibanya di sekolah benar saja yang saya khawatirkan terjadi disitu guru BK menjelaskan bahwa anak saya terlibat geng motor dan kemarin terjadi tawuran di luar sekolah, saya merasa heran sekolah sekarang sistem pembelajarannya serba online tapi kenapa anak-anak malah jadi tawuran. Saya inginnya sekolah bisa seperti biasa agar tidak ada waktu luang untuk nongkrong bersama teman-temannya. Sekarang saya harus bagaimana menghadapi anak pertama saya yang sudah mulai beranjak remaja dan sekarang jika ditanya jawabnya hanya singkat-singkat tanpa memperdulikan kami sebagai orangtuanya, ditambah sekarang kebiasaannya suka pergi malam-malam jika ditanya ada saja alasannya, disini saya harus bagaimana cara mencegah anak saya agar tidak keluar malam dan tidak ikut tawuran lagi? Terimakasih mbak.

 

Jawaban:

Sebelumnya, terimakasih sudah bersedia untuk bercerita pada kami. Menjadi orang tua sekaligus bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Ditambah lagi mengurus anak yang saat ini beranjak remaja, membutuhkan usaha yang ekstra. Pada dasarnya, masa remaja adalah masa-masa pencarian jati diri, dimana keluarga dan  peer anak (teman sebaya) merupakan lingkungan yang paling berpengaruh bagi anak dalam menenemukan jati dirinya. Ketika lingkungan keluarga atau peer tidak dapat memenuhi apa yang dibutuhkan anak dalam pencarian jati dirinya, hal ini dapat mengarahkan perilaku anak ke arah yang negatif. Sehingga, sebagai orang tua perlu menjadi ruang yang aman dan nyaman bagi anak. Saran kami, luangkan waktu meskipun hanya sebentar untuk berkomunikasi dengan anak. Misalnya sesaat sebelum anak mulai sekolah online, atau bisa juga meluangkan waktu saat makan bersama dengan anak-anak. Ketika mengobrol dengan anak, bangun suasana yang santai dan nyaman. Misalnya bisa dimulai dengan topik yang digemari remaja saat ini. Komunikasi seperti ini dapat menjalin hubungan yang baik antara orang tua dan anak, selain itu anak dapat menjadi lebih terbuka dengan orang tuanya. Selain itu, berikan pengertian pada anak bahwa keluar hingga tengah malam dan mengikuti geng motor adalah hal yang berbahaya dan bisa merugikan diri anak sendiri. Hindari memarahi anak ketika menasihati anak, berikan pilihan pada anak sehingga anak dapat merasakan bahwa dirinya diberikan kebebasan untuk memilih pilihannya sendiri. Penting untuk memastikan bahwa anak anda merasa dipercaya dan disupport oleh orang tuanya. Hal ini akan membuat anak lebih terbuka menerima nasihat dari orang tua. Untuk menghindari anak anda bergabung dalam geng motor dan tawuran, arahkan anak anda pada kegiatan-kegiatan yang positif. Ketahui apa yang anak anda gemari saat ini, berikan akses pada anak anda kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengalihkannya dari kegiatan-kegiatan yang tidak baik.

Hotline :
TELEPHONE : 0274-565-003
WHATSAPP : 087719292111
TELEGRAM : 087719292111
SMS : 087719292111
E-MAIL : tesaga.diy@gmail.com
BLOG : www.tesagadiy.blogspot.com
IG : Tesaga_DIY
FACEBOOK : Tesa Diy
TWITTER : @Tesaga_DIY
YOUTUBE : Tesaga DIY
LINE : Tesaga DIY