Sahabat TeSA 129 DIY pasti pernah denger istilah bullying dong. Tapi sebenernya apa sih bullying itu? Jangan-jangan tanpa kita sadari kita pernah membully teman kita atau justru kitalah yang menjadi korban bullying.

Bullying merupakan salah satu bentuk perilaku agresi dari seseorang atau sekelompok orang yang lebih kuat kepada seseorang yang lebih lemah dan dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus dengan tujuan mengganggu anak lain (menyakiti baik secara fisik maupun mental).
Beberapa pelaku bullying melakukannya karena tidak tahu jika yang mereka lakukan itu salah, dan mereka akan berhenti ketika mengetahui bahwa tindakannya merugikan orang lain
Beberapa yang lain melakukannya dengan sengaja karena terinspirasi dan meniru apa yang mereka lihat di rumah, jalanan, atau tayangan film. Kelompok yang kedua ini yang berbahaya karena mereka merasa dengan berperilaku agresif mereka akan mendapatkan apa yang diinginkan.
Bentuk-bentuk perilaku bullying antara lain bullying fisik (seperti: memukul, menjegal, menjambak, mendorong, menghancurkan barang-barang, dll); bullying psikis (seperti: menyebarkan gosip, mengintimidasi, mengolok-olok, mengucilkan orang lain, dsb); bullying verbal (seperti: menghina, menyindir, bicara kasar, memanggil dengan nama julukan, dsb).
Yang menjadi korban bullying  biasanya akan mengalami masalah emosi (seperti: self esteem yang rendah, minder, merasa malu, tertekan, dsb), masalah akademik (seperti: prestasi akademik menurun, enggan berangkat ke sekolah, suka membolos, dsb).
Jadi setelah tau tentang bullying masihkah kalian mau membully teman sendiri? Stop bullying sekarang juga karena persahabatan itu indah tanpa adanya bullying. Kalo kalian ngerasa jadi korban bullying boleh kok curhat sama kak TeSA 129 DIY. Karena kalo bukan kamu sendiri siapa yang akan membuat perubahan dalam hidupmu.